SEPAK BOLA

Mourinho: Bale Tidak Sama dengan 7 Tahun Lalu

Gareth Bale kembali ke Tottenham Hotspur. (Foto: Tottenham Hotspur FC via Getty Images)

Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, menjawab pertanyaan mengapa hingga tiga kali dimainkan Gareth Bale masih minim memberikan kontribusi bagi timnya. Bagi pelatih asal Portugal itu, Bale bukanlah pemain yang sama dengan tujuh tahun lalu saat meninggalkan Liga Premier Inggris.

Sebelum hijrah ke Real Madrid pada 2013, Bale menjadi pemain penting bagi Spurs. Berdasarkan catatan Transfermarkts, dalam 206 penampilannya bersama Tottenham, Bale telah berkontribusi dengan 56 gol dan 59 asis. Catatan itu dia bukukan dalam berbagai posisi. Selama periode pertama membela Tottenham, Bale paling sering beroperasi di sayap kiri, baik sebagai full-back maupun wing-back. Beberapa kali pula dia ditempatkan di posisi berbeda, seperti sayap kiri atau kanan, juga second striker.

Namun sejak pindah ke Real Madrid, Bale lebih sering bermain di posisi sayap kanan, bahkan beberapa kali diplot sebagai penyerang tengah. Bale telah bertransformasi dari pemain belakang menjadi pemain depan. Hal inilah yang disampaikan Jose Mourinho. Dia mengendurkan tekanan yang diberikan kepada Bale dan mengatakan pemain asal Wales itu tidak bisa menjadi pemain eksplosif yang sama seperti periode pertamanya di Tottenham.

“Tujuh tahun adalah waktu yang panjang. Pemain mana di dunia yang sama dengan tujuh tahun lalu? Kadang-kadang mereka tidak lebih baik atau lebih buruk, hanya pemain yang berbeda,” kata pelatih asal Portugal itu kepada wartawan jelang pertandingan Liga Premier Inggris melawan Brighton & Hove Albion sebagaimana dilansir Mundo Deportivo.

Mourinho mencontohkan dua pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yang menurutnya juga telah berubah dari tahun ke tahun. “Anda melihat Ronaldo dan Messi, misalnya, dan membandingkannya dengan tujuh tahun lalu. Mereka bermain di area berbeda, di posisi berbeda. Mereka mengubah kualitas mereka, mencoba menjelajahi dalam tanggung jawab lain dari sistem taktis tim mereka. Saya pikir itu terjadi dengan mayoritas pemain sepak bola. Jadi yang pasti (Bale) adalah pemain yang berbeda,” tuturnya.

Meski demikian, Mourinho tetap mendukung Bale yang belum kembali ke level terbaiknya pasca belum lama sembuh dari cedera. Dia berkata, Bale perlu lebih banyak menit bermain untuk mencapai itu, dan hal itu tidak bisa dengan menurunkan Bale 90 menit dalam satu pertandingan. “Dia tidak melewatkan satu menit pun dari sesi latihan. Bermain 90 menit masih sulit baginya, bermain dengan banyak intensitas masih sulit, tapi dia terus berkembang dan saya berharap dia segera kembali ke level terbaiknya.” tutupnya. (rhm)

.
Comments

POPULER

To Top