ADVERTORIAL

Gelar FGD, Disdikbud Kaltim Matangkan Penerapan Kurikulum Dual Track

Gelar FGD, Disdikbud Kaltim Matangkan Penerapan Kurikulum Dual Track
Disdikbud Kaltim gelar Focus Group Discussion (FGD) bersama sejumlah stakeholder terkait. (Dok. Disdikbud Kaltim)

KALTIM – Upaya pematangan pelaksanaan Kurikulum Dual Track trus dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim. Kali ini pembahasan aktualisasi dual track dilakukan bersama sejumlah stakeholder terkait, lewat Focus Group Discussion (FGD), di Astara Hotel Balikpapan, Selasa (4/10/2022).

Diskusi tersebut melibatkan Komisi IV DPRD Prov. Kaltim Fitri Maisyaroh, Pengawal Percepatan Pembangunan Zulkarnaen, Kadisnakertrans Provinsi Kaltim Rozani Erawaki, Kepala Balitbangda Prov. Kaltim Fitriansyah, serta Biro Kesejahteraan Rakyat dan Polda Kaltim.

Baca Juga : SK Kurikulum Double Track Segera Terbit, Disdikbud Kaltim Siapkan Payung Hukum

Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan menyampaikan agenda tersebut merupakan pembahasan lanjutan terkait persiapan penerapan Kurikulum Dual Track. Secara teknis, kata dia, rencana awal penerapan akan lebih terfokus pada jenjang SMA.

Advertisements

Kemudian, sambung dia, perencanaan jangka menengah dan jangka panjang baru akan diterapkan pada jenjang SMK dan SLB. Sebab pihaknya menilai lulusan SMA akan lebih membutuhkan bekal keterampilan (soft skill) pasca lulus, dibandingkan dengan siswa-siswi lulusan SMK yang sudah memiliki bekal dibidang kejuruannya.

“Sebagai langkah awal, kita akan memulai menerapkan Kurikulum Dual Track ini pada jenjang SMA terlebih dulu, kemudian jangka menengah dan jangka panjangnya bisa lebih meluas pada jenjang SMK dan SLB” beberanya.

Usai diselenggarakan FGD, kegiatan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis yang diikuti 33 SMA piloting (percontohan) dan beberapa SMA di Kota Balikpapan dengan total 53 peserta sebagai pengenalan dan pengayaan agar memiliki persepsi dan pemahaman yang sama terkait Kurikulum Dual Track, mulai 4-7 Oktober 2022.

Baca Juga : Sukseskan Program Double Track, Disdikbud Kaltim Gandeng ITS Surabaya

Sebelumnya diberitakan, Disdikbud Kaltim telah menggandeng Institu Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, guna melatih dan mempersiapkan bekal tenaga pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum Dual Track kepada peserta didik dimasing-masing wilayah.

Kesepakatan kerja sama itu disahkan lewat penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di Ruang Sidang Utama, Gedung Rektorat ITS, pada Selasa (6/9/2022) lalu.  (adv/disdikbudkaltim/lm)

Advertisements
Comments

POPULER

To Top