ADVERTORIAL

BPS Gelar Sosialisasi SPO di Kecamatan Bontang Utara

LIBATKAN PERANGKAN BAWAH: BPS Bontang dalam melakukan sosialisasi SPO melibatkan unsur RT dan lurah. (Memonesia.com)

BONTANG- Badan Pusat Statistik (BPS) Bontang melakukan sosialisasi sensus penduduk berbasis online di Kecamatan Bontang Utara. Perangkat rukun tetangga (RT) dan kelurahan turut dilibatkan untuk berperan serta dalam validasi seluruh data warga.

“Dimulai dari unsur paling bawah untuk memberikan pemahaman,” jelas kepala BPS Bontang, Srie Sis Sugianto usai melakukan sosialisasi di BPU Kecamatan Bontang Utara, Senin (17/02).

Sosialisasi ini sendiri bertujuan untuk memberikan pencerahan bagi seluruh pengurus RT, kelurahan, maupun kecamatan. Agar mengetahui sensus penduduk berbasis online tersebut, dalam pengisian data.

Sensus berbasis aplikasi android tersebut pertama kalinya dilakukan di seluruh Indonesia. Namun untuk sensus nantinya juga akan dilakukan sensus tahap wawancara menyasar seluruh warga Bontang.

Untuk sensus secara online dilakukan 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Untuk mengantisipasi data warga terlewatkan, maka tahap wawancara rencananya dilaksanakan tanggal 1-31 Juli 2020.

“Bisa dicek ulang lewat wawancara, apakah masih ada terlewatkan atau tidak,” ucapnya.

Selama ini sensus yang diterapkan yakni wawancara. Akan tetapi kendala terus ditemukan, salah satunya warga kerap tidak bisa ditemui sehingga sensus penduduk tak dilakukan.

“Diharapkan semua warga memiliki andil untuk menyukseskan sensus penduduk. Karena memiliki peran penting dalam rangka validasi data kependudukan,” tambah Camat Bontang Utara, Sudi Priyanto.

Manfaat data sensus punduduk 2020, yakni tersedianya data kependudukan dan karakteristik. Selain itu, sebagai dasar evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia dasar perencanaan di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya. (Arsyad Mustar)

Langkah-Langkah Melakukan Sensus Penduduk Online 2020

  • Masuklak ke laman sensus.bps.go.id
  • Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) Anda
  • Klik kotak kosong pada Captcha lalu klik “Cek Keberadaan”
  • Jika pertama kali melakukan akses pada SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai lalu klik “Buat Password”
  • Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik “Masuk”
  • Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik “Mulai Mengisi”
  • Pilihlah bahasa yang paling dikuasai
  • Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya
  • Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”
  • Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email Anda dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email
.
Comments

POPULER

To Top