BERITA

Loktuan Raih Juara 1 dalam Lomba Masak dan Hias Tumpeng Kecamatan Bontang Utara

Tim Kelurahan Loktuan meraih Juara Pertama lomba menghias tumpeng Kecamatan Bontang Utara (Deden/Staff Kecamatan Bontang Utara).

BONTANG – Sebanyak enam kelurahan di Kecamatan Bontang Utara mengikutilomba mengkreasikan sajian menu masakan Tumpeng sebagai makanan khas Nusantara, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Utara, Jumat (09/11/2018).

Acara yang diselenggarakan Kecamatan Bontang Utara ini, masing-masing kelurahan mengutus tiga orang sebagai perwakilan timnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Bontang Utara, Ufrah mengatakan, kali ini masakan tumpeng dipilih karena dinggap jenis masakan yang paling sederhana untuk dilombakan dan hampir setiap kalangan mampu membuatnya.

“Lomba memasak yang digelar tidak selalu mengangkat satu jenis masakan khusus saja. Kami ingin jadikan menu sajian yang dilombakan masuk kategori B2SA yakni Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman,” ujarnya.

Lanjut Ufrah, terlebih dahulu para peserta membuat bahan makanan di rumah. Kemudian mereka beradu cepat dengan kreativitas masing-masing menghiasnya dengan kurun waktu hanya selama 1 jam di BPU Bontang Utara.

Disamping itu, tiap peserta diharuskan menampilkan rincian biaya dari bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat tumpeng disertai harganya.

“Alasannya, untuk memenuhi kriteria penilaian yang mencakup total biaya tumpeng harus berkisar Rp 150 Ribu,” tuturnya.

Sementara itu, ara penilai bersasal dari PKK tingkat kota dan PKK tingkat kecamatan. Kriteria penilaian lomba ini mencakup kreativitas, penampilan, citarasa, kekompakan, dan kebersihan.

Para juri juga menilai bagaimana penerapan keamanan pangan yang diterapkan. Misalnya tidak menggunakan bahan berbahaya, pengawet, pewarna, hingga tidak diperbolehkan memakai staples yang biasa digunakan untuk merangkai hiasan tumpeng.

“Kelurahan Loktuan berhasil menangkan kompetisi. Mereka berkreasi membuat tumpeng merah putih. Pas juga bertepatan dengan momen hari pahlawan sehingga hasil kreasinya dinilai unik daripada yang lain selain memnuhi kriteria penilaian lainnya,” imbuhnya. (am/sr)

Berikut Pemenang Lomba Memasak dan Menghias Tumpeng Tingkat Kecamatan Bontang Utara;

Juara 1, Kelurahan Loktuan

Juara 2, Kelurahan Bontang Baru

Juara 3, Kelurahan Bontang Kuala

Juara 4, Kelurahan Guntung

.
Comments

POPULER

To Top