BERITA

10.000 Vaksin Corona Sudah Tiba di Balikpapan

Vaksin tersebut kemudian dibawa menggunakan mobil boks berpendingin khusus milik Kementerian Kesehatan. Petugas Brimob bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim mengawal jalannya kendaraan pembawa misi kemanusian itu. (Humas Polda Kaltim)

BALIKPAPAN – Lebih dari sepuluh ribu dosis vaksin Coronavirus disease 2019 (Covid-19) berlogo Sinovac tiba di Balikpapan pada Senin (4/1) pagi. Kedatangan antivirus corona itu mendapat pengawalan ketat oleh jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim).

Pantauan media ini, vaksin buatan perusahaan asal Tiongkok itu tiba di terminal kargo Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan Selatan. Sebelumnya, vaksin tersebut dikirimkan oleh PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

Setibanya di Bandara SAMS Sepinggan, vaksin Sinovac disambut oleh para petugas kepolisian. Ada petugas Brimob Polda Kaltim bersenjatakan lengkap berserta kendaraan taktisnya yang mengawal vaksin tersebut.

Vaksin tersebut kemudian dibawa menggunakan mobil boks berpendingin khusus milik Kementerian Kesehatan. Petugas Brimob bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim mengawal jalannya kendaraan pembawa misi kemanusian itu. Diketahui, ada sekitar 10.688 dosis vaksin yang tiba hari ini.

Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Ade Yaya Suryana mengatakan, pengawalan vaksin ini sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. Selain mengikuti SOP, pengawalan ini juga menerapkan protokol kesehatan.

“Bahwa jajaran Polda Kaltim mendapat tugas mengamankan dan menjaga vaksin Covid-19 sebagai objek yang sangat berharga, karena berkaitan dengan keselamatan ribuan nyawa manusia,” kata Ade.

Namun Ade mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah vaksin tersebut. Karena dalam hal ini, kata dia, pihak kepolisian hanya bertugas sebagai pengaman. Hanya saja, dia menyebutkan, vaksin yang tiba di Balikpapan ini akan dikirim lagi ke Kalimantan Utara.

“Adapun pendistribusian vaksin akan diatur dan ditata oleh jajaran Dinas Kesehatan,” ucap periwira melati tiga itu.

Di lokasi terpisah, Wali Kota Balikpapan sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, vaksin Sinovac untuk warga Kaltim juga akan tiba hari ini di Samarinda. Oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, vaksin tersebut akan didistribusikan ke kota dan kabupaten di provinsi ini.

“Vaksin tahap pertama akan datang hari ini, rencananya di Samarinda,” kata Rizal kepada awak media.

Dijelaskan wali kota dua periode itu, petugas medis dan tenaga kesehatan akan menjadi kelompok pertama yang divaksinasi. Karena kelompok tersebut adalah yang paling rentan terular virus. Adapun waktu vaksinasi rencananya akan dilakukan pada minggu kedua di Januari ini.

“Mereka nanti ’kan diberitahu (informasi vaksinasi) melalui handphone masing-masing, dan itu sudah berjalan. Tapi data sementara lima ribuan orang (penerima vaksinasi),” tandas Rizal. (adit)

.
Comments

POPULER

To Top