BERITA

Profil Brigjen Hariyanto: Si Polisi Satwa yang Jadi Wakapolda Kaltim

Di Brimob, Hariyanto gemar melatih anjing K9, hewan yang biasa dimanfaatkan polisi untuk mengungkap kejahatan. (Dok. Polda Kaltim)

BALIKPAPAN – Sejak Jumat (8/1) kemarin, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Hariyanto resmi menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim). Dikalangan polisi, Hariyanto dikenal sebagai pencinta binatang.

Informasi yang dihimpun media ini, Hariyanto pernah lama berkarier di Satuan Brimob. Dari sinilah rasa kecintaan pria kelahiran Cimahi, 11 Juli 1964, itu terhadap hewan tumbuh. Di Brimob, Hariyanto gemar melatih anjing K9, hewan yang biasa dimanfaatkan polisi untuk mengungkap kejahatan.

Bukan itu saja. Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia 1988 itu juga pernah membawa bantuan logistik ke pedalaman dengan menunggangi kuda. Karena kecintaan terhadap bintang inilah Hariyanto dijuluki “Polisi Satwa” oleh rekan-rekannya.

Bahkan, rasa sayangnya kepada hewan membuat Hariyanto pernah didapuk sebagai Direktur Polsatwa Korsabhara Baharkam Polri. Bersama Unit K9 Narkoba Direktorat Polsatwa Korsabhara, jenderal bintang satu itu pernah mengungkap kasus penyelundupan sabu-sabu seberat lebih 195 kilogram.

Bertugas di Kaltim bukan hal yang baru bagi Hariyanto. Sebelumnya dia sudah pernah bertugas di provinsi ini. Yakni, sebagai Kepala Polsek Sungai Nyamuk di Kabupaten Nunukan, Kepala KPPP Polres Tarakan, dan Kepala Polres Tarakan. Hariyanto berdinas di tempat tersebut sebelum Nunukan dan Tarakan berpisah dengan Kaltim.

Berbekal rekam jejak dan reputasinya itulah yang membuat Hariyanto dipilih sebagai Wakil Kepala Polda Kaltim. Banyak pihak berharap, dengan pengalaman-pengalaman yang dimilikinya, Hariyanto bisa membuat Kaltim lebih aman, damai dan kondusif.

“Dengan bekal pengalaman tugas sebelumnya akan semakin memperkuat sumber daya yang dimiliki Polda Kalimantan Timur,” kata Kepala Polda Kaltim, Inspektur Jenderal Polisi Herry Rudolf Nahak saat berpidato dalam pelantikan Hariyanto sebagai wakilnya, kemarin.

Untuk diketahui, sebelum Hariyanto, kursi orang nomor dua di Polda Kaltim diisi oleh Inspektur Jenderal Polisi Irlan Kustian. Usai tak lagi menjabat, Irlan kini berdinas sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri, Jakarta. (Adit)

.
Comments

POPULER

To Top