BERITA

TPU Bontang Makin Sesak, Pembebasan Lahan 4,4 Hektar di Gunung Elai Masih Terkendala

Tempat pemakaman umum di Satimpo juga mulai sesak. Diperkirakan masih ada sekitar 500 untuk liang lahat. (Fajri/Memonesia.com)

BONTANG – Sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Bontang sudah kritis. Meski pemerintah menyiapkan lahan, namun masih terkendala pembebasan.

“Ada 6 TPU di Bontang, semuanya hampir penuh,” sebut Kabid Pertanahan Disperkim, Muhammad Nur, usai rapat kerja dengan Komisi III DPRD, Senin (08/02).

Ia menyebut, pemakaman di Kelurahan Satimpo dan Bontang Lestari masih ada sekitar 500 untuk liang lahat. Sementara Tanjung Laut, Loktuan, Guntung, dan Bontang Kuala sudah hampir penuh.

“Luas lahan rencananya akan ditambah 4,4 hektar di wilayah Gunung Elai. Tapi terkendala surat kuasa pemilik lahan. Karena pemiliknya sudah meninggal, sementara ahli warisnya di Jawa,” jelasnya.

Apabila lahan pemakaman Gunung Elai tidak jadi, Perkim berencana melakukan perluasan di TPU Loktuan. Jika tak memungkinkan juga, akan dilakukan sosialisasi agar masyarakat beralih ke pemakaman Bontang Lestari.

“Nantinya lahan tersebut mampu menampung sekitar 10 ribu liang lahat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Amir Tosina merasa lahan yang berada di belakang SMKN 1 Bontang itu sangat strategis untuk digunakan sebagai lahan pemakaman.

“Tidak perlu terburu-buru, harus ditelusuri dulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya,” imbuhnya. (*/Fajri Sunaryo)

.
Comments

POPULER

To Top