ADVERTORIAL

Setelah Perguruan Tinggi, Pupuk Kaltim Buka Beasiswa PKTPP Tingkat SD hingga SMA

PEDULI PENDIDIKAN: Pupuk Kaltim terus menunjukkan kepeduliannya terhadap pendidikan di Kota Bontang. (Dok. Humas Pupuk Kaltim)

BONTANG- Pupuk Kaltim kembali membuka program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) 2020 tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), sebagai wujud kepedulian Perusahaan bagi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Tahun ini merupakan angkatan ke-5 PKTPP tingkat SD hingga SMA, sejak diawali pada 2016 dengan total penerima manfaat 61 siswa di sekitar Perusahaan, dari Kelurahan Guntung dan Loktuan.

Manager CSR Pupuk Kaltim Fakhri Husaini, mengatakan beasiswa bagi tingkat dasar dan menengah ini awalnya hanya dibuka untuk tingkat SMP, bekerjasama dengan Yayasan Pupuk Kaltim (YPK). Setahun berjalan, program ini mulai dibuka untuk tingkat SD bagi siswa di sekitar Perusahaan dan sejak 2019 semakin diperluas untuk tingkat SMA yang mengakomodasi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Bontang.

“Perluasan program PKTPP tingkat SD hingga SMA terus dievaluasi, agar kesempatan bagi calon peserta semakin terbuka dan sasaran penerima manfaat tercapai sesuai harapan,” ujar Fakhri Husaini, saat sosialisasi PKTPP kepada perwakilan sekolah se-Kota Bontang, di Gedung Wijaya Kusuma Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Rabu (19/02).

Selain wujud kepedulian Perusahaan, program PKTPP merupakan salah satu upaya Pupuk Kaltim mendorong terciptanya SDM yang unggul dan berkualitas, dengan memberi kesempatan bagi siswa-siswi berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Disamping untuk menjaga hubungan baik antara Perusahaan dengan masyarakat, sekaligus mendukung visi Smart City Pemerintah Kota Bontang secara berkesinambungan.

Sementara itu, GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, pada kesempatan itu menerangkan jika seleksi calon peserta penerima beasiswa dilakukan secara terbuka dan yang dinyatakan lolos akan mendapat fasilitas penuh selama menempuh Pendidikan, diantaranya biaya pendidikan, seragam dan perlengkapan sekolah, akomodasi dan transportasi untuk mengikuti lomba di luar daerah, biaya perpisahan dan foto, pesantren kilat, retreat Kristen/Katolik, bimbel ujian akhir, hingga biaya ujian akhir sekolah, ujian nasional serta biaya kelulusan lainnya.

“Tahun ini PKTPP tingkat SD hingga SMA akan menerima 26 peserta, dengan harapan program ini bisa mengantarkan siswa siswi mengejar prestasi untuk menggapai cita-cita,” papar Nur Sahid.

Beasiswa PKTPP tingkat SD hingga SMA juga merupakan pengembangan program serupa tingkat perguruan tinggi, yang tahun ini telah memasuki angkatan ke-11. Bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dan telah mengakomodasi 161 peserta berprestasi dari berbagai daerah di Kalimantan Timur.

“Pupuk Kaltim berharap program PKTPP dapat menjadi bagian dari kolaborasi Perusahaan dengan pemerintah. Sedangkan untuk jangka panjang, program ini diarahkan sebagai salah satu solusi pengentasan kemiskinan dan pengangguran,” terang Nur Sahid.

Mewakili Pemerintah Kota Bontang, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang Saparuddin, mengapresiasi sekaligus menyambut positif pelaksanaan PKTPP yang digulirkan Pupuk Kaltim setiap tahun. Program ini kata dia, sejalan dengan program Pemerintah Kota

Bontang dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mendorong terciptanya SDM berkualitas di Kalimantan Timur. Dirinya berharap program PKTPP terus dilaksanakan Pupuk Kaltim, serta sinergi aktif yang terjalin dengan pemerintah daerah di bidang lainnya pun bisa semakin ditingkatkan, sehingga SDM Bontang yang berkualitas dan berkompeten bisa tercapai dengan baik.

“Pendidikan adalah hal utama, dan dengan beasiswa ini anak-anak kita bisa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi melalui pembiayaan penuh dari Pupuk Kaltim. Semoga program ini terus berlanjut di tahun mendatang,” harap Saparuddin.

Masa pendaftaran PKTPP 2020 dibuka mulai 2-13 Maret 2020, dilanjutkan survei lapangan pada 16-31 Maret 2020. Calon peserta yang dinyatakan lolos administrasi dan survei lapangan akan diumumkan pada 3 April 2020, serta berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes potensi akademik dan psikotest. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Departemen CSR Pupuk Kaltim (Gedung Diklat Kantor Pusat Pupuk Kaltim), Jl. Ir. James Simandjuntak Nomor 1 Kota Bontang, atau menghubungi nomor handphone 082252551171, pada jam kerja Senin – Jumat (jam 07.00 – 16.00 Wita). (*/vo/nav)

.
Comments

POPULER

To Top