BONTANG

Cegah Penularan Corona, Warga dari Luar Kota Harus Melapor

Ilustrasi

BONTANG- Bagi warga yang baru datang dari luar kota dihimbau untuk melapor ke PSC. Social distancing maupun physical distanting masih menjadi protokol tetap yang ditekankan Pemkot Bontang. Demi memutus mata rantai Covid-19.

Tidak semua ODP menunjukkan gejala, virus corona dapat terus berkembang jika ada inang, penularan dari manusia ke manusia lain. Maka cara paling efektif mencegah penularan virus corona yakni social distancing dan physical distanting.

“Warga yang baru datang dari berpergian dan melapor, serta ODP patuh terhadap protokol kesehatan untuk karantina mandiri perlu didukung, bukan diberi stigma sebagai sumber penularan,” ujar Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Sabtu (04/04).

Baca Juga : Hindari Stigma Sosial Covid-19 di Masyarakat

Dengan demikian kepatuhan mereka menjadi tanggung jawab bersama. Monitoring ketat diperlukan dan bukan untuk menimbulkan stigma negatif, tapi karena peduli dan saling menjaga antara satu dengan lainnya.

Seperti yang disampaikan Lurah Tanjung Laut Azidah. Perempuan pemurah senyum itu mengaku terdapat beberapa warganya yang baru datang dari luar kota, akan tetapi masih enggan bahkan takut untuk melapor.

“Kami sudah beritahu semua yang bersangkutan untuk segera melapor. Alasannya macam-macam, ada yang mengaku takut dikucilkan,” tuturnya.

Upaya demi upaya harus dilakukan Lurah Tanjung Laut. Ia menekankan agar seluruh Ketua RT di wilayahnya tetap proaktif memberikan fungsinya sebagai ujung tombak pemerintahan. (*)

.
Comments

POPULER

To Top