Jargon UMKM Naik Kelas Disebut Sebagai Motivasi untuk Para UMKM

Kepala Bidang Koperasi DKUMPP Kota Bontang, Taqwin. Foto (kur/memonesia)

BONTANG – Salah satu visi misi pemerintah Kota (Pemkot) Bontang adalah untuk menjadikan Kota Bontang dikenal karena pariwisata dan UMKMnya. Untuk itu pemkot mengusung tagline UMKM Naik Kelas.

Plt Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) melalui Muhammad Taqwin, Kabid koperasi DKUMPP mengatakan bahwa tagline tersebut merupakan sebuah harapan.

“Tagline UMKM Naik Kelas ini diharapkan membuat para pelaku usaha merasa termotivasi,” terangnya saat ditemui, Kamis (26/9/24).

Taqwin seringkali melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha untuk terus melakukan peningkatan kualitas produksi, sehingga yang biasanya UMKM yang berupa usaha konvensional bisa benar-benar naik kelas.

Tidak hanya dikenal didalam kota saja tapi juga bisa terus melakukan pengiriman keluar daerah sehingga produk seperti pangan maupun sandang dapat dikenal lebih luas, sehingga UMKM Kota Bontang dapat mengembangkan lebih lebar sayap mereka.

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa UMKM ada yang mencoba melakukan pengiriman hingga luar negeri, dari 4 UMKM yang hingga kini konsisten melakukan pengiriman hanya dua.

“Salah satunya produk Habati itu melakukan pengiriman, bahkan ke korea,” katanya.

Yang awalnya usaha rumahan ataupun usaha dengan skala mikro nantinya harus bisa naik lagi ke skala usaha menengah dan akhirnya sampai besar. ia menjelaskan tugasnya dipemerintahan adalah untuk melakukan pemeriksaan serta pemilihan hinnngga mereka berhasil naik ke tahap tertinggi.

“Kita berharap semua UMKM di Bontang bisa bersaing dengan baik.” ujarnya.