BONTANG

39 Sekolah Negeri di Bontang Sumbang Donasi untuk Penanggulangan Covid-19

SERAH TERIMA: Uang donasi yang melalui Disdikbud telah diserahkan ke Pemkot Bontang. (memonesia.com)

BONTANG- Sebanyak Rp 115 juta donasi diserahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) ke Pemkot Bontang. Sumbangan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap Covid-19.

Donasi diperoleh dari sumbangan ASN dan non-ASN Disdikbud, 39 sekolah negeri SD maupun SMP, serta Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Taman.

“Kita boleh melakukan social dan physical distancing, tapi harus tetap menjaga kasih terhadap orang yang membutuhkan,” ucap Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Kamis (09/04).

Penyerahan dilakukan langsung Kadisdikbud Bontang, Akhmad Suharto. Ia berharap, dana ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan bermanfaat bagi yang membutuhkan selama mewabahnya virus corona.

“Sebelum surat edaran keluar, kami sudah meminta kawan-kawan untuk ikut berpartisipasi. Semoga ini bisa membantu,” jelasnya.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bontang Aguswati mengatakan, selain Disdikbud terdapat organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya yang sudah menyerahan donasi.

“Sejak 1 April lalu sudah ada yang mulai menyetorkan, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” sebutnya.

OPD lainnya yakni Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar).

Selanjutnya, Badan Perencenaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Sekertariat Dewan, Kecamatan Bontang Utara beserta seluruh kelurahannya.

“Dari Wali Kota Bontang juga sudah. Lalu tenaga honor di Sekertariat Daerah dan Diskopdag-UMKM,” tambahnya.

Sebelumnya, tunjangan kinerja (Tukin) pegawai negeri sipil (PNS) di instansi perangkat daerah disisihkan demi penanganan dan pencegahan pandemi covid-19. Pemkot Bontang telah mengeluarkan surat penggalangan dana nomor: 800/547/BKPSDM.03.

Melalui surat tersebut setiap PNS memberikan dana paling sedikit Rp 100 ribu kurun waktu tiga bulan atau hingga Juni 2020 mendatang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bontang 2018, jumlah PNS di Bontang sebanyak 2.819.

Penggalangan dana ini akan dikoordinir bendahara masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Selanjutnya disampaikan kepada bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah setiap bulannya.

Sasaran penerima manfaat dana meliputi tenaga kesehatan untuk penyediaan peralatan, perlengkapan, dan obat-obatan yang dibutuhkan dalam penanganan pasien yang terpapar Covid-19. Dalam hal penyediaan dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan Bontang.

Tak hanya itu, penerima dana ditujukan bagi masyarakat umum yang membutuhkan bantuan ekonomi atau logistik yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam pendistribusiannya dilakukan melalui koordinasi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. (*)

.
Comments

POPULER

To Top