MUSIK

Trending di Youtube, Fakta Menarik Video Wonderland Indonesia

Penyanyi utama Wonderland Indonesia Novia Bachmid. (int)

MEMONESIA.COM – Kolaborasi Alffy Rev dengan Novia Bachmid dalam video Wonderland Indonesia masih ramai dibicarakan publik. Awal dirilis 17 Agustus 2021 lalu, hingga kini sudah ditonton 20 juta di akun Youtube Alffy Rev. Bahkan menjadi trending nomor satu sejak 20 Agustus.

Berisikan budaya Indonesia dengan lagu-lagu daerah, video ini bikin makin cinta tanah air. Karya anak bangsa ini patut diancungi jempol. Tepat di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, lagu tersebut mendadak menjadi perhatian publik hingga sempat viral di linimasa Twitter.

Alffy Rev yang memiliki nama asli Awwalur Rizqi Al-firori, dalam videonya berbagai pesona daerah Indonesia yang ditampilkan. Dilihat dari Youtube, video musik ini dibuka dengan pemandangan magis beberapa rumah adat dalam bayangan kabut. Dibuat dengan konsep avatar, rumah-rumah adat ini melayang di atas tanah.

Pelan-pelan pemandangan Indonesia yang sudah kita kenal lekat ditampilkan bergantian. Mulai dari hijaunya alam, baju adat tradisional, Borobudur dan Pura Bali tak luput masuk dalam video tersebut.

Alffy Rev. (int)

Berbagai fakta menarik tentang Wonderland Indonesia yang dirangkum memonesia.com dari berbagai sumber, 19 September 2021.

Diambil di beberapa Lokasi Bali

Video ini diambil di beberapa lokasi seperti GWK Cultural Park, Taman Nusa Gianyar, dan selebihnya menggunakan efek 3D. Alffy Rev, Youtuber yang menggarap video ini melibatkan Linka Angelia, istrinya, bukan hanya sebagai penulis skenario tapi juga seniman 3D bersama dengan Wirawan Sukma, Spencer Gunawan, Syendi Pranata dan Alfy Nabilla.

Musisi dan Seniman Dilibatkan

Video ini melibatkan talenta seperti Novia Bachmid penyanyi utama, Indah Rokhana sebagai sinden pada lagu Lelo Ledhung dan Inggi Kendran, desainer muda asal Bali, juga sekitar 50 orang penari. Bahkan Alffy juga mengajak Dan Garlick Voiceovers untuk mengisi suara di video ini.

Novia Bachmid Baru Tahu Sepekan sebelum Produksi

Penyanyi utama di video musik ini, Novia Bachmid mengaku baru diberitahu soal proyek ini H-7 sebelum dimulai. Menurut dia, manajernya hanya memberitahunya untuk siap-siap dan tidak memastikan apakah ia bakal terpilih. “Ya Allah, semoga aku yang kepilih. Baru denger musiknya aja, aku mau do my best,” ujar Novia saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Gritte Agatha, 20 Agustus 2021.

Nyaris Batal karena Kurang Dana

Alffy bercerita video musik ini nyaris batal diluncurkan karena kekurangan dana. Tidak disangka, Doni Salmanan yang dikenal sebagai crazy rich Bandung ini bersedia mensponsori dan menjadi executive producer Wonderland Indonesia.

“Ini masuk banget deh sama yang ada di pikiran aku memang sangat berpotensi untuk mengembangkan karya-karya yang berbasis kemanusiaan dan nusantara. Makanya apa salahnya sih buat gue mensupport Alffy Rev dalam segi mengembangkan citra Indonesia,” kata Doni saat melakukan panggilan video dengan Alffy.

Penyanyi Utama Beberapa Kali Ganti Kostum Daerah

Novia Bachmid menggunakan berbagai macam pakaian daerah untuk proyek ini. Di antaranya adalah pakaian adat dari Kalimantan Selatan, Riau, Minang, Bali, dan Jawa. “Untungnya kostum-kostum itu ngefit di badan aku kak, padahal nggak ada ukuran,” ujar Novia kepada Gritte.

Bergenre EDM dan Rock

Musik Wonderland Indonesia beraliran EDM dan rock yang terasa pada gitar dan drum. Alffy menggunakan aliran ini sejak mengikuti audisi Indonesia Mencari Bakat 3.

Di bagian akhir video, Alffy memunculkan gambar naga. Menurut Alffy makhluk mitologis dalam scene terakhir Wonderland Indonesia ini adalah manifestasi dari Antaboga (Ontobugo) dan Garuda.

“Dalam pewayangan Jawa Kuno, Antaboga adalah raja ular penjaga perut bumi. Penguasa dunia bawah. Sosok Antaboga atau Naga ini melekat pada budaya jawa dan bali. biasanya ada di ukiran gamelan, gerbang maupun gapura sebagai simbol penjaga,” tulis Alffy di halaman Instagramnya seperti dikutip tempo.co. (redaksi)

.
Comments

POPULER

To Top