RAGAM

Langka! 5 Fenomena Alam Paling Luar Biasa dan Langka di Dunia

Photo by opodo.co.uk (internet)

MEMONESIA.COM – Ada banyak sekali fenomena alam yang terjadi di seluruh belahan dunia, bahkan diantaranya terlihat indah, sampai membuat orang terkagum-kagum. Tidak cuman indah, fenomena ini juga termasuk langka dan jarang ditemui, sampai-sampai para peneliti pun kesulitan untuk menjelaskan secara ilmiah.

berikut 5 daftar fenomena alam yang Luar Biasa dan langka di Dunia, yang di rangkum memonesia.com.

1. Danau Hillier

Keunikan Danau yang terletak di Australia Barat ini dikarenakan warnanya, jika warna danau yang biasa ditemukan berwarna hijau atau biru, tapi Danau Hillier ini berwarna merah muda. Sangat indah jika dilihat dari ketinggian.

Danau ini tidak sengaja ditemukan oleh Matthew Flinders saat sedang mendaki di Pulau ini. Berdasarkan certia yang beredar nama Danau Hiller berasal dari salah seorang rombongan ekspedisi, yaitu William Hillier yang meninggal di Pulai tersebut pada tahun 1803.

Faktanya, warna merah muda pada Danau tersebut berasal dari Tumbuhan Alga yang berwarna merah muda. Namun, kabar dari penelitian terbaru. Peneliti mengkonfirmasi warna tersebut juga disebabkan oleh Mikroba Extrememobile.

Photo by hillierlake.com (internet)

2. Shanay Timpishka – Amazon (Sungai Mendidih)

Jika membayangkan sungai yang terletak di dalam hutan, pastinya jernih dan sangat menyegarkan bukan. Tetapi Shanay Timpishka ini sangat berbeda dari sungai pada umumnya. Sungai yang terletak di pedalaman amazon, di Wilayah Peru ini adalah sungai mendidih. Sangking panasnhya suhu air mencapai 91 derajat celcius.

Bahkan, makhluk hidup apapun yang masuk dalam sungai tersebut seperti direbus hidup-hidup, sangat mengerikan bukan. Shanay Timpishka ini memiliki panjang 4 mil, dan hingga saat ini para ilmuan belum bisa menjelaskan mengapa air di sungai tersebut bisa sepanas itu.

Photo by Devlin Gandy (internet)

3. Eternal Flame Falls (Air Terjun Api Abadi)

The Eternal Flame Falls merupakan air terjun kecil yang terletak di Shale Creek Preserve, Bagian Chestnut Ridge Park, di New York. Dimana terdapat sebuah Goa kecil di bawah air terjun kecil yang indah.

Di dalam goa tersebut memancarkan gas alam, maka saat mendekati air terjun tersebut tercium aroma seperti telur busuk yang menyengat. sehingga dinyalakan dapat menghasilkan nyala api kecil. Hal yang menjadi istemewa dari tempat tersebut adalah tersembunya api kecil dibawah air terjun yang indah.

Photo by Linden Tea (internet)

4. Mother Shipton’s Cave (Gua Sihir)

Pernahkah anda membayangkan jika memiliki kekuatan sihir, seperti merubah benda menjadi batu. Rasanya itu hal yang mustahil. Tapi percayakah, ada Gua yang dapat merubah benda menjadi sekeras batu.

Gua Mother Shipton terletak di Knaresborough, sebuah kota kecil yang ada di Yorkshire Utara, Inggris. Di gua ini, ada sebuah dinding batu yang disebut dengan Petrifying Well atau Dinding Pembatu. Nah, di dinding ini air mengalir dan membasahi benda-benda yang digantung, dan benda- benda ini bisa berubah jadi sekeras batu dalam waktu 3 sampai 5 bulan! Inilah yang menjadi keunikan Gua Mother Shipton sehingga dijuluki gua sihir.

Photo by yorkshire.com (internet)

5. Badai Petir Abadi Catatumbo

Kalau bicara soal badai petir yang pasti sangat mengerikan untuk dibayangkan. Tapi di Venezuela Barat di atas Sungai Catatumbo terjadi badai petir yang tidak pernah berhenti. Gak kebayangkan betapa ngerinya tinggal di daerah tersebut.

Menurut situs Weather, wilayah Catatumbo-Maracaibo dihunjam sebanyak 3600 petir dalam satu jam. Dan ini berarti terjadi petir setiap detik. Fenomena ini berlangsung hampir sepanjang tahun, selama 300 malam setiap tahunnya.

Hingga saat ini, penjelasan pasti atas fenomena tersebut masih belum diketahui. Sebelumnya ada teori para ilmuan yang menyebutkan, hal itu berhubungan dengan uranium bebatuan dasar yang ada di wilayah tersebut. Namun lagi-lagi teori tersebut masih diragukan kebenarannya.

Namun, di tahun 2010 badai sempat merda dan bertahan selama 6 minggu, tapi setalah itu badai petir kembali melanda.

Fenomena alam ini memang membingungkan, karena memang belum ada penjelasan yang mempu menjelaskannya dengan pasti dan benar. Itulah 5 tempat dengan fenomena alam paling menakjubkan dan langka di Dunia.

Semoga bisa menambah list destinasi kunjungan wisata yang kalian akan kunjungi. (berbagai sumber)

Photo by highbrow.com (internet)
.
Comments

POPULER

To Top