BERITA

Bala Bantuan Basarnas Balikpapan untuk Sulbar, Kirim Personel dan Peralatan SAR

Dok. Basarnas Balikpapan

BALIKPAPAN – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A atau Basarnas Balikpapan mengirim pasukannya ke Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1) pagi. Di sana mereka akan memberi bantuan kepada para korban gempat di Kabupaten Majene dan Kota Mamuju.

Kepala Basarnas Balikpapan, Melkianus Kotta menyebut ada 27 personelnya yang berangkat ke Sulbar menggunakan kapal SAR. Personel itu terdiri dari 15 personel rescue dan 12 anak buah kapal (ABK). Tim ini dipimpin oleh Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octavianto.

“Kebetulan yang membawa tim ini Kasi Operasi. Nanti mereka akan berkoordinasi dengan Basarnas Mamuju untuk operasi di sana,” kata Melky.

Selain mengirim personel, Basarnas Balikpapan juga mengirim peralatan SAR-nya, seperti alat extrifikasi, kapal, serta peralatan pendukung lainnya. “Kami juga membawa tenda pleton dan tenda posko untuk kami gelar disana,” sebut Melky.

Di Sulbar, Melky menerangkan, pihaknya akan melakukan misi kemanusian, yakni memberi bantuan untuk para korban gempa. Rencannya, di sana Basarnas Balikpapan akan beroprasi selama sepekan. Ini dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Basarnas pusat.

“Sesuai dengan SOP, itu 7 hari. Selebihnya, kami nanti tunggu arahan pusat kembali,” punkasnya.

Diketahui, pada Jumat (15/1) dini hari, Majene diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2. Akibat bencana alam ini, bangunan dan fasilitas umum roboh. Data dari Basarnas, delapan orang sudah dinyatakan meninggal dunia, 637 luka-luka, dan ribuan orang mengungsi. (Adit)

.
Comments

POPULER

To Top