GAYA HIDUP

5 Fakta Unik dari Hewan yang Mengejutkan

wired.com

Dunia binatang memang selalu menarik untuk dipelajari. Ada jutaan jenis spesies hewan di dunia ini, yang memiliki keunikan dan beberapa fakta yang jarang kita ketahui.

Berikut adalah 5 daftar fakta tentang hewan yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Gajah tidak bisa melompat

minews.id

Gajah adalah satu dari sedikit mamalia darat yang tidak bisa melompat. Laman Science Mag menyebut bahwa secara fisik gajah memang tidak punya kemampuan untuk melompat. Semua tulang di kaki gajah mengarah ke bawah sehingga mereka tidak bisa menggunakan kakinya untuk lepas landas ke udara.

Lagi pula, gajah memang tidak butuh kemampuan melompat. Mamalia seperti kanguru dan kelinci bisa melompat untuk menghindari predator. Sementara, gajah lebih mengandalkan ukuran dan kekuatannya yang besar untuk melawan predator.

2. Kungkang bisa menghabiskan waktu 1 bulan untuk mencerna makanan

kompas.com

Kungkang terkenal sebagai mamalia dengan gerakan paling lambat di dunia. Saat makan pun, mereka melakukannya dengan sangat lambat. Namun ternyata, pencernaan mereka bahkan jauh lebih lambat lagi. Laman Live Science menyebut bahwa tubuh kungkang butuh waktu hingga 1 bulan untuk mencerna makanan!

3. Gurita punya tiga jantung

liputan6.com

Gurita adalah hewan yang menakjubkan karena punya delapan tangan. Sudah begitu, ternyata mereka juga punya tiga jantung! Satu jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya, sementara dua jantung lain memompa darah ke insangnya.

Science Focus menjelaskan bahwa darah gurita tidak mengandung hemoglobin seperti layaknya kebanyakan hewan. Darah mereka mengandung hemosianin yang kaya tembaga sehingga darah gurita berwarna biru.

Hemosianin tidak seefektif hemoglobin dalam mengikat oksigen. Makanya, mereka butuh lebih dari satu jantung untuk mengalirkan cukup oksigen ke tubuh dan insangnya.

4. Singa bisa kawin hingga seratus kali sehari!

pixabay

Singa bisa dibilang sebagai hewan yang benar-benar memanfaatkan periode musim kawin semaksimal mungkin. Laman Lion Alert menyebut bahwa singa betina bisa kawin hingga seratus kali per hari! Interval rata-rata antarsesi 17 menit dan durasi kawin rata-rata 21 detik.

5. Burung kebal dengan rasa pedas

burungnya.com

Jika ikut lomba makan makanan pedas melawan burung, kamu pasti akan kalah. Itu karena burung kebal dengan rasa pedas. Tepatnya, mereka gak punya sensor perasa kapsaisin, zat kimia yang menimbulkan rasa pedas.

Mereka juga gak bisa mencerna biji cabai. Bagi burung, cabai hanyalah sejenis kudapan yang gak ada bedanya dengan makanan lain.

Gimana, meskipun hewan-hewan tersebut sudah pernah kamu dengar atau bahkan lihat secara langsung, masih ada fakta-fakta unik mereka yang bisa membuatmu terkejut, kan? Memang, dunia binatang itu sangat menarik, ya!

[Sumber: IDN Times]

.
Comments

POPULER

To Top