BERITA

Siapkan Dana Rp 2 Miliar, Pemkab Kutim Bakal Bangun Penangkaran Buaya

Internet

KUTAI TIMUR – Mengingat banyaknya warga Kutai Timur (Kutim) yang diterkam buaya, Pemkab Kutim tahun ini menganggarkan pembangunan penangkaran buaya senilai Rp 2 miliar.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menjelaskan, sesuai dengan rencana, penangkaran buaya tersebut akan dibangun di Muara Sungai Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara.

Kata Dia, penangkaran buaya diperlukan guna mengurangi ketakutan masyarakat akan buaya muara. Dengan penangkaran tersebut, diharapkan memberi solusi mengatasi gangguan hewan yang dilindungi negara ini.

“Buaya di Kutim ganas. Karena sudah masuk ke parit dan danau. Bahkan permukiman warga, yang tentu membahayakan masyarakat,” terang Kasmidi.

Lanjut Kasmidi menjelaskan, penangkaran buaya ini akan dibangun di atas tanah seluas delapan hektar. Namun, hingga kini belum diketahui OPD mana yang akan mengerjakan.

“Anggaran Rp 2 miliar sudah disiapkan. Tinggal tunggu OPD mana yaang akan mengerjakan nanti,” ujarnya.

Selain mengurangi korban, dengan adanya penangkaran buaya tersebut diharapkan dapat menjadi tempat wisata alternatif dan berpotensi menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).

“Ini merupakan potensi yang baik bagi Kutim untuk meningkatkan PAD,” pungkasnya. (am/sr)

.
Comments

POPULER

To Top