BERITA

Patut Dikunjungi, Lima Wisata Alam Kaltim yang Rekomendasi

Photo Via Npsianturi (internet)

MEMONESIA.COM – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat benar-benar harus tetap berada di rumah. Seluruh kegiatan pun terpaksa berhenti, termasuk berwisata. Namun saat peraturan mulai dilonggarkan, terdapat berbagai tempat wisata di Kalimantan Timur (Kaltim) yang patut dikunjungi.

Provinsi yang memiliki sepuluh kabupaten/kota ini tak hanya dikenal akan kekayaan hasil bumi. Namun potensi wisata tak kalah bersaing yang bisa memanjakan pengunjung. Berikut lima wisata alam di Kaltim yang direkomendasikan memonesia.com.

1. Goa Biru Haji Mangku Maratua

Siapa yang menyangka ada goa yang begitu unik dan eksotik di Pulau Maratua. Tempat wisata ini begitu mengesankan dari warna air toska muda.

Pemandangan bawah airnya juga istimewa. Ada bentukan cerug, atau jurang dengan dasar yang tak terlihat.

Sejatinya ini bukanlah goa, tapi lebih tepat disebut danau. Namun, pintu menuju lokasi ini memang masuk ke mulut goa yang terendam air payau.

Photo Via Ahya Mukhlis (internet)

2. Goa Batu Gelap

Spot lain yang harus Anda kunjungi kala ke Kutai Kartanegara adalah Goa Batu Gelap. Tak hanya indah, tapi juga ada sisi misterius yang bisa telusuri.

Secara geologis, Goa Batu Gelap merupakan goa dari pegunungan karst, dengan batuan berupa batu gamping.

Mengenai keindahan, kala memasuki goa, Anda akan langsung mendapati puluhan stalagmit dan stalagtit yang menghiasi. Ada pula sungai bawah tanah yang menakjubkan.

Sisi misterius yang bisa Anda jelajahi dengan masuk terus ke dalam goa untuk mengetahuinya.

Photo Via Robiatfahlevi (internet)

3. Wisata Alam Batu Dinding

Menikmati sunrise di Tembok Besar Cina? Sepertinya mahal. Alternatifnya, Anda bisa mengunjungi Batu Dinding di Kutai Kertanegara. Sensasi dan keseruannya dijamin tak kalah!

Apa yang Anda rasakan dan saksikan di Desa Bukit Merdeka ini bahkan mungkin tak akan didapatkan di tempat lain. Untuk sampai ke lokasi, perjalanan yang Anda lakukan sangat seru dan tiada duanya.

Menyusuri jalan setapak, Anda bisa merasakan kesejukan nan keindahan pemandangan dari perkebunan jeruk sunkist, buah naga dan pohon karet.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi perbukitan yang megah, membentang cukup luas, yang terlihat seperti dinding. Dan karena tempatnya yang eksotik dan keren, ditambah lanskap pemandangan serta panorama alam yang indah di sekelilingnya.

Photo Via Adnan09_ (internet)

4. Taman Batu Bukit Sembinai

Bukit Sembinai memiliki kemisteriusan sendiri. Namun selalu ada jalan dan cara untuk menguaknya.

Salah satu caranya dengan datang langsung ke Taman Batu Bukit Sembinai. Di sana Anda bisa menyaksikan langsung keindahan dan bentang alam yang luar biasa.

Jalur untuk menuju spot wisata ini bisa dikatakan menantang. Selain jalan yang berkelok-kelok, juga ada tanjakan dan turunan yang harus dilalui.

Tapi sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan yang luar biasa dan keren. Nuansa alaminya masih terasa karena minim sentuhan manusia.

Momen yang tepat berkunjung ke sini adalah ketika pagi dan sore hari, kala Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang menambah sisi misteri taman batu ini.

Photo Via Dinarkml (internet)

5. Bukit Bangkirai

Dulu, Kalimantan identik dengan hutan hujan tropis yang lebat. Mirip-mirip di Amazonlah!

Tapi aksi perambahan dan pembalakan hutan, serta pembukaan lahan membuat vegetasi hutan menjadi berubah kualitasnya menjadi lebih buruk.

Meski demikian, bukan berarti keberadaan hutan hujan tropis sepenuhnya hilang. Jika Anda ingin merasakan sensasi tracking di tengah hutan hujan tropis, mampir saja ke Bukit Bangkirai, yang kealamiannya masih terjaga.

Rute pertama yang pasti Anda lalui adalah jembatan kanopi setinggi 30 meter dengan panjang 64 meter. Berjalan di atasnya, rasanya deg deg serrr!

Dari atas jembatan Anda bisa melihat hutan dengan pepohonan yang hijau. Jika beruntung, Anda bisa melihat hewan liar seperti monyet ekor panjang, rusa atau bahkan orangutan. (berbagai sumber)

Photo Via Ahmadhasano (internet)
.
Comments

POPULER

To Top