EKONOMI & BISNIS

5 Cara Mencari Partner Bisnis yang Baik dan Tepat

cara mencari partner bisnis
Ilustrasi, cara mencari partner bisnis (shutterstock)

MEMONESIA.COM – Cara mencari partner bisnis atau rekan bisnis bukanlah hal yang mudah karena jika salah memilih maka bisnis bisa berantakan. Sudah banyak kejadian di mana usaha seseorang menjadi kacau balau karena gagal dalam memilih rekan bisnis. 

Biasanya permasalahan tersebut terjadi karena cek-cok berkepanjangan yang ujungnya akan mengakhiri bisnis itu sendiri. Tidak hanya pemilik bisnis saja yang rugi tetapi juga klien, oleh karena itu simak cara memilih rekan bisnis di bawah ini. 

Cara Mencari Partner Bisnis yang Baik

Tidak bisa sembarangan dalam cari mitra usaha bagi hasil karena ini bertujuan untuk jangka panjang. Sebelum memilih rekan bisnis pastikan Anda mengetahui bagaimana kemampuan dari calon rekan bisnis dengan melihat beberapa hal berikut ini: 

1. Memiliki Kemampuan 

Tips pertama adalah melihat bagaimana kemampuan dari rekan bisnis Anda tersebut. Anda harus jeli dalam mencari informasi mengenai kemampuan contoh partner bisnis yang akan membantu bisnis berjalan dengan lancar. Rekan yang tepat akan meringankan pekerjaan.

Advertisements

Jangan sampai memilih rekan bisnis hanya karena orang tersebut adalah teman dekat Anda. Akan tetapi jika teman dekat Anda memang memiliki kemampuan itu tidak masalah. Anda harus tahu skill apa yang orang tersebut miliki. 

Namanya saja rekan bisnis, pasti tugasnya adalah membantu pekerjaan agar menjadi lebih ringan. Jika rekan bisnis Anda tidak memiliki skill mumpuni tentu akan memberatkan pekerjaan.

Baca Juga: Cara Pinjam Modal Usaha di Bank BCA

2. Satu Visi dan Satu Misi 

Cara mencari partner bisnis yang berikutnya adalah memiliki visi dan misi sama. Ini adalah persyaratan terpenting dalam memilih rekan bisnis. Kalau visi dan misinya saja berbeda maka akan sulit untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Selain itu ketika hendak menentukan strategi bisnis jika visi dan misinya berbeda maka Anda akan lebih banyak berselisih dengan rekan. Kalau terus menerus berselisih kapan bisnis akan berkembang? Sebaliknya jika sudah satu visi dan misi maka semuanya akan lebih mudah. 

Anda bisa saling bekerja sama dan bertukar pikiran tanpa harus cek-cok. Bisnis juga akan terurus dengan baik dan lambat laun bisa semakin maju. 

Advertisements

Laman: 1 2

Halaman:
Comments

POPULER

To Top