BONTANG

Hadiri Sosialisasi Puspaga, Basri Harap Kualitas Asuh Anak Meningkat

Hadiri Sosialisasi Puspaga, Basri Harap Kualitas Asuh Anak Meningkat

BONTANG – Wali Kota Bontang, Basri Rase, membuka acara sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, Selasa (27/6/2023). Sosialisasi ini dilaksanakan di Auditorium Taman Tiga Dimensi Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Dalam sambutannya, Basri menyampaikan, Puspaga merupakan tempat pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera, yang dilakukan oleh para tenaga profesional seperti konselor, psikolog, atau sarjana profesi di bidang psikologi, bimbingan konseling, atau pekerja sosial, yang memiliki pemahaman mendalam tentang konvensi anak.

“Melalui peningkatan kapasitas, orang tua atau keluarga bertanggung jawab terhadap anak dalam mengasuh dan melindungi mereka dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah, dan penelantaran,” ucapnya.

Lebih lanjut Basri menjelaskan, Puspaga merupakan upaya untuk melindungi dan menangani berbagai masalah yang dihadapi keluarga, seperti kekerasan dalam rumah tangga dan lainnya. Dengan adanya Puspaga, kata dia, diharapkan dapat menjadi penggerak utama dalam mewujudkan keluarga yang harmonis dan menentang tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

“Saya berharap layanan Puspaga dapat berjalan maksimal, mulai dari tingkat kota hingga kelurahan. Dengan demikian, pendampingan masalah keluarga dapat dilakukan secara lebih luas,” tambahnya.

Selain itu, orang nomor satu di Bontang tersebut juga meminta kepada peserta sosialisasi untuk mengikuti arahan narasumber dengan baik. Hal ini bertujuan agar implementasi pengetahuan yang didapat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masalah-masalah keluarga dapat dihindari.

“Mari kita bersama-sama mengatasi masalah-masalah keluarga, mulai dari kekerasan hingga perceraian. Dengan adanya Puspaga, semua orang dapat memperoleh pemahaman tentang bagaimana membangun dan membina keluarga dengan baik,” harapnya.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, Sekretaris Daerah, Aji Erlynawati, serta Kepala DPPKB, Bahauddin. Dalam kesempatan ini Bahauddin turut menyampaikan, tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kualitas kehidupan keluarga sejahtera, serta ketahanan keluarga melalui program pendidikan pengasuhan.

Dalam sosialisasi ini, peserta diajarkan keterampilan menjadi orang tua, melindungi anak, meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga, serta sarana konseling dan konsultasi bagi anak maupun keluarga. Lewat sosialisasi ini, diharapkan Puspaga dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
Comments

BERITA TERBARU

Memonesia.com adalah media online yang hadir dengan membawa misi positif semangat pembaruan, menjadi media inspiratif dengan menyajikan informasi-informasi layak bagi khalayak luas. Memonesia.com menggunakan beragam bentuk media, mulai dari tulisan, audio visual dan juga grafis untuk menyampaikan pesan dengan lebih optimal dan komprehensif.

To Top
.gallery-caption { display: none !important; } #post-feat-img { line-height: 0; overflow: hidden; width: 100%; max-height: 500px; display: block !important; }