TEKNOLOGI

Cara Membuat Link WA Tanpa Aplikasi, Anti Ribet!

Cara Membuat Link WA Tanpa Aplikasi, Anti Ribet!
Cara Membuat Link WA Tanpa Aplikasi, Anti Ribet!

MEMONESIA.COM – Para pengguna aplikasi chatting, khususnya aplikasi Whatsapp banyak yang mencari tutorial cara membuat link WA. Agar mempermudah dalam pembuatan link Whatsapp, maka pada bahasan kali ini akan dipaparkan cara  membuat link  WA tanpa aplikasi.

Penasaran dengan tutorialnya? Sebenarnya, cukup mudah Anda bisa membuat link Whatsapp baik manual maupun otomatis. Bahkan Anda bisa menggunakan link Whatsapp ini untuk kebutuhan olshop Anda.

Cara Membuat Link WA Tanpa Aplikasi

Bagi pemilik olshop, untuk memudahkan konsumen menanyakan seputar produk maka seringkali pemilik olshop mengarahkan konsumen untuk berbincang melalui Whatsapp. Untuk itu, berikut adalah cara membuat link wa untuk olshop yang bisa dijadikan panduan.

Baca Juga: Cara Menghapus Pencarian di Google

1. Membuat  Link Whatsapp Manual

Cara membuat link wa manual termasuk sebagai cara membuat WA tanpa aplikasi. Pada cara manual ini, Anda tak perlu melakukan banyak langkah. Anda hanya perlu menggunakan URL yang nantinya bisa menyambung pada chat Whatsapp Anda. 

Berikut tutorial untuk membuat link whatsapp secara manual:

  1. Bukalah aplikasi notes pada ponsel Anda. Kemudian, salin alamat url berikut https://api.whatsapp.com/send?phone= 
  2. Tambahkan nomor ponsel Anda juga kode negara Anda. Misalnya adalah sebagai berikut https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789
  3. Salin kode tersebut kemudian bagikan pada marketplace atau sosial media Anda ketika mempromosikan produk.
  4. Nantinya, konsumen yang melakukan klik pada url tersebut akan diarahkan pada room chat di Whatsapp Anda.

Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa dalam penulisan nomor telepon tak perlu menambahkan tanda strip. Anda hanya harus menuliskan angka. Untuk konfirmasi, Anda bisa mengunjungi situs tersebut dan mencobanya apakah sudah benar.

2. Membuat Link Whatsapp Otomatis dengan Bitly

Untuk membuat link wa tanpa aplikasi bisa dilakukan secara otomatis dengan Bitly. Otomatis yang dimaksud disini adalah link bisa dipajang dan dimodifikasi bagi para pelaku bisnis online. Untuk membuat link WA ini bisa menggunakan bantuan bit.ly agar lebih singkat.

Bit.ly ini ialah suatu situs yang bisa membantu agar link Whatsapp dapat lebih singkat. Alhasil, ketika dicantumkan di media sosial akan lebih rapi. Penasaran dengan panduan membuat link WA? Langsung saja simak tahapannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Google Formulir di Hp dengan Mudah

  1. Bukalah website pada halaman url bit.ly. Bit.ly ialah situs yang gratis sehingga Anda bisa mengakses situs ini untuk mencoba membuat link Whatsapp yang lebih ringkas;
  2. Setelah link website terbuka, maka tempelkan link Whatsapp yang telah Anda buat sebelumnya pada kotak yang tersedia. Jika sudah klik Shorten your link kemudian Shorten;
  3. Tak berselang lama, nantinya akan muncul link Whatsapp yang sudah dikopi sebelumnya menjadi lebih pendek;
  4. Jika sudah. Klik tombol copy. Lalu, Anda pun menempelkan link Whatsapp ini pada marketplace ataupun sosial media yang Anda miliki.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa melakukan modifikasi link WA sehingga tidak terlihat sebagai barisan huruf yang acak dan sulit dihafalkan. Pada bit.ly sendiri untuk membuat kustomisasi link akan dikenakan biaya.

Adanya link Whatsapp ini maka akan mempermudah konsumen untuk menghubungi pihak penjual. Konsumen bisa menanyakan terlebih dahulu ketersediaan produk, kualitas bahan baku, pengiriman, hingga harga produk dan informasi terkait produk yang dijual lainnya.

Penutup

Baiklah, itu saja pembahasan mengenai cara membuat link WA yang bisa dilakukan tanpa aplikasi baik secara manual atau otomatis. Semoga bahasan yang disampaikan di atas bisa menjadi panduan bagi Anda. Selamat mencoba! (redaksi)

Print Friendly, PDF & Email

BERITA TERBARU

Memonesia.com adalah media online yang hadir dengan membawa misi positif semangat pembaruan, menjadi media inspiratif dengan menyajikan informasi-informasi layak bagi khalayak luas. Memonesia.com menggunakan beragam bentuk media, mulai dari tulisan, audio visual dan juga grafis untuk menyampaikan pesan dengan lebih optimal dan komprehensif.

To Top
.gallery-caption { display: none !important; } #post-feat-img { line-height: 0; overflow: hidden; width: 100%; max-height: 500px; display: block !important; }