SEPAK BOLA

Everton vs Liverpool: Derby yang Sulit Ditebak

Derby seru akan tersaji di Goodison Park malam ini. (foto: Sky Sports)

MEMONESIA.COM – Sudah sepuluh tahun Everton tidak pernah menang saat menjamu Liverpool di kandangnya. Tetapi Derby Merseyside malam ini sepertinya bisa membuahkan hasil lain. Lantaran, saat ini The Toffees sedang duduk di puncak klasemen dengan menyapu bersih empat laga awal. Sementara tamunya berada di posisi kelima, terpaut tiga poin, dan belum menunjukkan performa yang stabil.

Masih bisa diingat pertandingan terakhir The Reds ketika mereka dibantai 7-2 oleh Aston Villa. Dengan performa seperti itu, jelas menjadi tanda bahaya bagi Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Terlebih, mereka datang ke kandang pemuncak klasemen yang memiliki stiker yang menjadi top skor sementara di seluruh lima liga top Eropa dengan 9 gol, Dominic Calvert-Lewin. Klopp pun mengakui bahaya yang bisa diberikan Calvert-Lewin. Stiker muda Inggris itu bahkan sudah diramalnya akan menjadi tukang gedor berbahaya.

“Dia memiliki semua yang Anda butuhkan dalam diri seorang striker top: postur, mobilitas, kecepatan, keinginan. Secara teknis dia sangat, sangat bagus di udara. Penyelesaian akhir yang bagus dengan kepala, juga dengan kedua kakinya.” ungkap Klopp kepada BBC.

Tetapi kekuatan Everton bukan hanya Calvert-Lewin. Barisan sayap mereka juga bisa memberi ancaman serius. Yang sedang panas tentu saja James Rodriguez. Pemain yang didatangkan dari Real Madri itu langsung tancap gas di liga barunya dengan selalu jadi starter dan telah mengemas tiga gol dan dua asis. Beroperasi di sisi kanan, James bisa melayani pemain Everton yang berada di depan gawang dengan umpan mematikannya.

Meski demikian, yang dilawan Everton bukan tim sembarangan. Liverpool adalah tim yang memenangi gelar Premier League musim lalu. Selain itu, faktanya, sudah 19 laga mereka tidak pernah menang melawan Liverpool. Kekalahan The Reds dengan skor 7-2 dari Aston Villa bisa saja tidak catatan di atas kertas karena ini adalah derby.

Juru taktik Everton, Carlo Ancelotti, mengaku tetap waspada meskipun saat ini timnya sedang dalam tren apik. “Kami akan datang ke pertandingan yang menarik. Ini laga derby. Pertandingan ini akan jadi tantangan bagus bagi kami. Kita tahu mereka salah satu tim terbaik di Inggris, mereka memenangi gelar musim lalu, mereka salah satu tim terbaik di dunia.” ujar Ancelotti dalam konferensi pers sebagaimana dilansir Sky Sports.

Liverpool pun bisa bernapas lega Sadio Mane kemungkinan sudah bisa diturunkan setelah dipaksa absen karena terjangkit Covid-19. Kembalinya pemain asal Senegal itu bisa menghidupkan lagi trisula maut mereka bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Sementara itu, mantan pemain Liverpool, Michael Owen, mengaku sulit memprediksi hasil derby Merseyside mengingat hasil yang didapatkan kedua tim dalam beberapa pertandingan belakangan ini. “Everton tidak terkalahkan, dan mereka bermain dengan epik. Di sisi lain, pertandingan terakhir Liverpool (yang kalah 7-2) menjadi pertanyaan besar, apakah mereka sedang tampil buruk atau pola permain mereka sudah bisa dibaca,” tutur Owen seperti dilansir dari Metro. “Derby ini selalu berjalan seru. Sulit memprediksinya.” imbuhnya. (rhm)

.
Comments

POPULER

To Top