ADVERTORIAL

Beasiswa Kaltim Tahap Dua Disalurkan Oktober, Disdikbud Pastikan Kuota Lebih Banyak

disdikbud
Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) Iman Hidayat. (Ist)

KALTIM – Tiap tahun Disdudkbud Kaltim rutin menyalurkan beasiswa bagi putra-putri di setiap kabupaten kota, mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, perguruan tinggi hingga sekolah berkebutuhan khusus. Salah satu tujuannya adalah menjamin kebutuhan dasar di bidang pendidikan, dapat lebih merata dan dinikmati seluruh masyarakat.

Ditahun ini beasiswa kaltim kembali disalurkan. Sebelumnya Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) telah rampung menyalurkan beasiswa kaltim tahap pertama pada Agustus lalu. Selanjutnya, tahap kedua direncanakan bakal disalurkan pada Oktober mendatang.

Baca Juga : Disdikbud Bontang Perjuangkan 150 Guru Honorer Jadi PPPK

Iman Hidayat, Kepala BP-BKT Kaltim memastikan, ada penambahan kuota untuk para peserta yang telah terdaftar sebelumnya. Namun ia belum bisa memastikan angka penambahannya, sebab mesti disesuaikan dengan ketersedian anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan.

Advertisements

“Benar,  saat ini kami sedang melakukan validasi skoring untuk penerimaan tahap kedua,” ujar Iman.

Proses penentuan peserta penerima beasiswa, kata Iman, masih sama seperti tahap pertama. Yakni melalui penentuan rangking, hanya saja untuk tahap kedua nilai skoring yang ditentukan tidak setinggi sebelumnya. Artinya peluang untuk mendapatkan beasiswa jauh lebih besar.

“Namun kali ini pengumumannya akan kami lakukan serentak bagi para mahasiswa dan siswa,” tutupnya.

Sebelumnya, BP-BKT telah mengumumkan total penerima Beasiswa Kaltim sebanyak 18.336 orang peserta yang akan telah diumumkan pada 10 Agustus lalu. Diantaranya untuk kategori mahasiswa sebanyak 3.011 orang. Dengan rincian Beasiswa Tuntas Umum berjumlah 1.823 orang, sedangkan Beasiswa Tuntas Khusus berjumlah 768 orang, lalu penerima Beasiswa Tuntas Kerja Sama sebanyak  420 orang.

Baca Juga : Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdikbud Kaltim Berikan Pelatihan 118 Guru Fisika dan Geografi se-Kaltim

Selanjutnya penerima Beasiswa Stimulan untuk mahasiswa sebanyak 5.488 orang. Terdiri dari Beasiswa Stimulan Umum berjumlah 4.459 orang. Sedangkan bagi penerima Beasiswa Stimulan Khusus berjumlah 855 orang. Lalu, penerima Beasiswa Stimulan Mahasiswa Sertifikasi Keahlian dan Studi Luar Negeri berjumlah 174 orang.

Advertisements

Kategori terakhir, untuk penerima Beasiswa Stimulan Siswa siswa totalnya 9.837 orang. Dengan dirincian untuk kategori Beasiswa Stimulan Siswa Umum sebanyak 6.977 orang. Lalu penerima Beasiswa Stimulan Siswa Khusus berjumlah 2.858 orang, dan penerima Beasiswa Stimulan Siswa Sertifikasi Ketrampilan berjumlah 2 orang. (adv/disdikbudkaltim/lm)

Comments

POPULER

To Top