ADVERTORIAL

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdikbud Kaltim Berikan Pelatihan 118 Guru Fisika dan Geografi se-Kaltim

disdikbud
118 Guru Fisika dan Geografi se-Kaltim, ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi di Hotel Ibis Samarinda. (Dok. Disdikbud Kaltim)

KALTIM – Upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dalam meningkatkan mutu pendidikan terus dilakukan, khususnya pada kualitas tenaga pengajar, yang merupakan ujung tombak pendidikan.

Pelatihan peningkatan komptensi guru kali ini diikuti sebanyak 118 guru, yang terdiri dari guru Fisika dan Geografi jenjang SMA se-Kaltim. Pelatihan tersebut sudah berlangsung sejak 5-10  September 2022 di Hotel Ibis Samarinda.

Baca Juga : Sabet Juara Tingkat Nasional, 84 Pelajar Harumkan Nama Bontang

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kaltim, Jasniansyah menerangkan, peningkatan kompetensi tenaga pendidik merupakan hal yang paling mendasar dalam upaya pembenahan pada persoalan pendidikan di Kaltim. Maka dari itu peningkatan kompetensi guru masuk dalam program prioritas dan strategis.

Advertisements

“Guru sebagai motivator, fasilitator, pembimbing, pendidik dan evaluator untuk itu wajib memiliki integritas untuk mewujudkan pendidikan bermutu dan berkualitas di Kaltim,” tuturnya.

Adapun pelatihan yang diberikan, Sambung dia, yakni materi penulisan karya tulis ilmiah untuk para guru serta peningkatan kompetensi untuk kepala sekolah di kabupaten kota diseluruh Kaltim.

Baca Juga : Purna Tugas, Disdikbud Kaltim Apresiasi Dedikasi Sofia Rahmi dan Sudarwati

Ia mengakui, mata pelajaran Geografi adalah salah satu cabang dari Sains yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi. Baik itu secara fisik maupun yang menyangkut mahluk hidup, serta permasalahannya melalui pendekatan ruang ekologi dan regional.

“Demikian juga dengan mata pelajaran fisika yang menjadi salah satu ilmu pengetahuan sains, yang fokus mempelajari sifat dan fanomena alam. Serta interaksi di dalamnya menyangkut materi, energi, dan perubahan zat,” kata Jasniansyah.

Ia berharap melalui pelatihan tersebut, peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah yang berasal dari kabupaten kota yang berbeda dapat berinteraksi, serta saling bertukar pikiran berdasarkan pengalaman di wilayahnya masing-masing.

Advertisements

Baca Juga : Disdikbud Kaltim Kembali Gelar Kompetisi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Provinsi

Sementara itu Ketua Panita Farida Ariani Nur menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi profesional guru terhadap materi geografi dan fisika, meningkatkan keterampilan guru dalam mengimplementasikan teori georafi dan fisika ke dalam bentuk praktik di laboratorium.

“Total peserta 118 guru yang terdiri dari 59 guru geografi dan 59 guru fisika. Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dilanjutkan kegiatan praktik di Laboraturium  Education Center Samarida,” lapor Farida. (adv/disdikbudkaltim/lm)

Comments

POPULER

To Top