BONTANG

26.280 Sambungan PDAM Bontang Disubsidi Tiga Bulan

BEBERKAN DATA: Dirut PDAM Tirta Taman Bontang Suramin (dua kiri) menyampaikan data jumlah pelanggan yang menerima pembayaran gratis. (memonesia.com)

BONTANG- Penggratisan air bersih bakal menyasar sebanyak 26.280 sambungan pelanggan. PDAM Tirta Taman Bontang telah memetakan cluster pembayaran selama tiga bulan.

Berdasarkan data, jumlah keseluruhan pelanggan di Bontang mencapai 28.277 sambungan. Artinya masih terdapat 1.997 sambungan yang tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

“Yang tidak mendapat pembayaran gratis akan kami surati,” jelas Dirut PDAM Tirta Taman Bontang Suramin, Senin (13/04).

Ia menjelaskan, penggratisan pemakaian yakni Maret hingga Mei. Artinya April – Juni tidak akan muncul di tagihan rekening air. Meski begitu tunggakan pelanggan sebelum harus dilunasi.

Berkaca Maret lalu, setiap bulannya pemerintah harus menanggung biaya subsidi air sekitar Rp 3,1 miliar dari total 26.280 pelanggan. Jika diakumulasi selama tiga bulan mencapai Rp 9 miliar lebih.

Kebijakan pemerintah tersebut bentuk kepedulian terhadap dampak corona virus disease (Covid-19). Saat ini prosesnya tengah menunggu SK resmi sebagai dasar hukum penggratisan air PDAM.

Pelanggan instansi pemerintah, perhotelan dan industri tidak mendapat gratis pembayaran. Hal itu menjadi kesepakatan dalam rapat koordinasi bersama Pemkot Bontang beberapa waktu lalu.

Adapun jenis usaha yang juga tidak diberikan secara gratis seperti toko atau ruko, praktek dokter, kantor media massa, losmen atau penginapan, usaha bengkel motor dan mobil, pusat jajanan dan sebagainya.

“Kenapa depot air isi ulang mendapat pembayaran gratis, karena jumlahnya tidak berpengaruh signifikan dengan air PDAM dan penghasilannya juga masih minim,” terangnya. (*)

Berikut Kelompok dan Golongan Pelanggan Mendapat Pembayaran Gratis:

  • Kode Golongan – Kelompok – Jumlah Pelanggan
    1A Sosial Umum 10
    1B Sosial Khusus I 182
    1C Sosial Khsusu II 46
    2A Rumah Tangga I 287
    2B Rumah Tangga II 4.830
    3A Rumah Tangga III 17.674
    3D Niaga I 3.094
    3F Niaga Khusus 177
.
Comments

POPULER

To Top