Wakil Ketua DPRD Bontang Usul Diadakan Simulasi Tes PPPK untuk Honores Usia Lanjut

BONTANG –  Wakil Ketua DPRD Kota Bontang, Tri Ismawati mengusulkan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang untuk menggelar simulasi tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ia mengusulkan simulasi tes PPPK itu diperuntukan untuk para honorer usia lanjut dan memiliki pengalaman pengabdian selama bertahun-tahun di Kota Bontang.

Menurutnya simulasi tes PPPK perlu dilakukan, sebagai gambaran ketika mengikuti pelaksanaan tes. Paling tidak simulasi ini, dapat memberikan kemudahan dan membantu selama mengerjakan tes nantinya.

“Yang kita khawatirkan mereka kesusahan mengerjakan soal tes, dikarenakan faktor usia dan yang cenderung lebih lambat dalam pengguaan teknologi. Tolong draft kisi-kisi juga diberikan kepada peserta,” ujarnya, Rabu (3/7/2024).

Selain itu, ia juga meminta, simulasi yang dibuat juga berdasarkan kisi-kisi yang ada, ataupun mengambil dari soal-soal yang telah keluar di tahun sebelumnya.

Upaya ini dilakukan, agar memberikan peluang sebesar-besarnya kepada para honorer, khususnya usia lanjut yang telah lama mengabdi untuk dapat diangkat menjadi PPPK di tahun ini.

“Harapannya para pegawai yang telah berumur bisa menjadi bagian dari 400 formasi yang dibuka,” terangnya.

Kepala BKPSDM Sudi Priyanto menanggapi hal tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya sedang dalam tahap pembuatan tes simulasi.

Nantinya, simulasi tersebut yang akan diberikan kepada pegawai non ASN, sebagai uji coba awal untuk mengikuti tes.

“Nanti ada kisi-kisi yang dikeluarkan oleh pusat, walaupun cakupan yang terkandung cukup luas,” jelasnya.

Selain itu, Sudi juga mengusulkan kepada Pemerintah Pusat, agar bisa menggunakan jalur afirmasi bagi pegawai yang telah mengabdi lama. (adv)