SEPAK BOLA

Morata Hat-trick Gol Batal karena VAR

Alvaro Morata protes saat golnya dibatalkan. (Foto: MASSIMO PINCA / REUTERS)

Sungguh sial betul Alvaro Morata akhir-akhir ini. Sriker Juventus berkebangsaan Spanyol itu kerap berurusan dengan VAR (video assistant referee). Namun, dia berurusan bukan untuk hasil bagus, melainkan sebaliknya. Gol-gol yang dia cetak sering dibatalkan karena VAR.

Terbaru, saat berhadapan dengan Barcelona dalam laga penyisihan Grup G Liga Champions, Morata harus merelakan 3 golnya tidak disahkan. VAR meninjau, sebelum gol terjadi, Morata sudah berada dalam posisi offside. Alhasil, tidak ada satu pun gol yang dicetak Juventus dalam laga yang selesai dengan skor 0-2 untuk kemenangan Barcelona itu.

Pada pertandingan yang digelar di Allianz Stadium itu, VAR membatalkan gol pertama Morata pada menit ’15. Gol Morata kembali dibatalkan lima belas menit kemudian. Pada menit ’57, pemain bernomor punggung 9 itu harus kembali gigit jari saat golnya lagi-lagi dibatalkan. Padahal, dia sudah melakukan selebrasi. Namun, setelah meninjah VAR, wasit membatalkan gol tersebut karena Morata sudah berada di posisi offside.

Apa yang terjadi pada Morata tersebut merupakan catatan sejarah. Belum ada pemain yang mencetak hat-trick gol dibatalkan dalam satu pertandingan di Liga Champions karena VAR sejak VAR digunakan. Hat-trick yang mengesalkan bagi Morata.

Untuk diketahui, tidak hanya dalam pertandingan melawan Barcelona gol Morata dibatalkan. Di laga Serie A, belum lama ini 2 gol Morata juga dibatalkan oleh VAR. Yakni saat bersua Crotone dan Hellas Verona.

Sejauh ini, berdasarkan catatan Transfermarkt, Morata telah tampil 4 kali bersama Juventus di semua kompetisi dan mengemas 3 gol serta 1 asis. Jika tidak dibatalkan VAR, Motara telah mencetak 8 gol dalam 4 penampilannya. (rhm)

.
Comments

POPULER

To Top