NASIONAL

Ini Pemenang Sayembara Desain IKN, Isran Noor: Bagus Aja Itu

Hasil desail Negara Rimba Nusantara. (int)

MEMONESIA.COM- Dalam sayembara kebangsaan desain pembangunan ibu kota negara (IKN) yang dilakukan pemerintah pusat beberapa waktu lalu, akhirnya menghasilkan lima pemenang.

Kelima pemenang desain IKN, antara lain juara 1 Negara Rimba Nusantara, juara 2 The Infinite City, juara 3 Kota Seribu Galur, harapan 1 Zamrud Khatulistiwa, dan harapan 2 yakni Benua Rakyat Nusantara.

Sebagai pemenang juara 1 dalam miniatur konsep Rimba Nusantara sejumlah fasilitas dan bangunan ditampilkan. Seperti kompleks Istana Presiden, legislatif, Mahkamah Agung dan Konstitusi.

Ada pula kompleks Kementerian Koordinator, Kompleks Kementerian, Kompleks Institusi Pemerintah, Kompleks Kedutaan Besar, Markas Besar TNI dan Polri, City Command Center, Gedung Perpustakaan, Arsip Nasional hingga Data Center.

“Engga perlu ditanggapi, bagus aja itu. Kalau saya kan tidak memiliki keahlian dalam menganalisa dari sebuah desain,” ujar Gubernur Kaltim Isran Noor kala dimitai pendapat. Pemerintah pusat diketahui bakal menggelar kembali sayembara skala internasional.

Lebih lanjut Isran mengatakan, pemerintah pusat kembali mewacanakan menggelar sayembara desain IKN secara internasional. Setelah itu, pemerintah pusat akan mengkaji kembali desain yang dibuat oleh para peserta.

Mantan Bupati Kutai Timur itu menyampaikan, tidak menjadi jaminan pemenang sayembara akan menjadi desain IKN. Pemerintah kemungkinan akan mengkombinasikan seluruh desain hingga direalisasikan ke pembangunan IKN di Kaltim.

“Itu kan desain dasar, desai kebangsaan namanya. Nanti dari juara 1, 2 dan 3 itu akan disayembarakan lagi secara internasional,” jelasnya.

Semetara itu, desain Negara Rimba Nusantara kawasan utara terdiri dari Area Hunian, Pusat Distrik, Sekolah, Sport Stadium, dan Marina Barrage. Ada pula kawasan wisata seperti Viewing Deck, Park Center, Discovery Center, Glamping Zone, Eco Research Center, Eco Dome/Plant Collection, Aviary.

Di Kawasan pusat kota, seperti, Galeri Nasional, Museum Perjuangan Indonesia, Koridor Kebangsaan, Perkantoran BUMN & Swasta, Kawasan Hunian Campuran, Pusat Distrik, Commercial Center, Akademi Pemerintahan.

Fasilitas lainnya, yaitu kawasan Danau Pancasila. Beberapa bangunan sudah tampak direncanakan dibangun. Masjid Negara, Kompleks Rumah Ibadah, Museum Peradaban Indonesia, Monumen Persatuan Indonesia, Stasiun dan Pasar Rakyat.

Selain itu, Wetland Research Center, Coastal Discovery Center dan Marine Research. Kemudian di bagian selatan akan dibangun Kawasan Hunian, Pusat Distrik, Transit Hub, Kompleks Hotel dan Resort, serta Pelabuhan. (Redaksi)

.
Comments

POPULER

To Top