Wujudkan UMKM Naik Kelas, DKUMPP Bontang Gelar Pelatihan Pengerajin Tas dan Dompet

Sekretaris DKUMPP Kota Bontang, Alfrita Junain Sande. Foto (kur/memonesia)

BONTANG – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bontang melaksanakan pelatihan pembuatan aneka tas dan dompet.

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai 19 hingga 21 September 2024. Bertempat di LPK Tri Dewa Utama, Kelurahan Gunung Telihan. Pelatihan tersebut melibatkan puluhan ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang untuk mengasah keterampilan mereka. Selain itu pihaknya juga mengajak para ibu rumah tangga untuk bisa menghasilkan secara mandiri.

Plt DKUMPP Kota Bontang, Lukman, melalui Sekretarisnya, Alfrita Junain Sande mengatakan bahwa ini adalah bentuk kepedulian pemerintah Kota Bontang dalam memajukan UMKM Kota Bontang. Hal ini berbanding lurus dengan tagline UMKM naik kelas maka sosialisasi serta pelatihan pun dilaksanakan.

“Kita juga melakukan pendampingan setelah selesainya pelatihan tersebut dan ternyata antusias ibu rumah tangga cukup tinggi, sebagian besar dari peserta cukup senang dengan adanya kegiatan tersebut dan memilih untuk lanjut,” terangnya saat ditemui, Senin (23/9/24).

Ia mengungkapkan bahwa hasil pembuatan dompet serta tas sudah cukup baik dan memuaskan. Adapun hasil dari pelatihan mereka dipamerkan langsung di UMKM Center, sehingga masyarakat maupun pelaku UMKM tidak perlu khawatir, karena sejak launchingnya UMKM Center yang berlokasi di Jalan Parikesit jumlah peminat produk-produk lokal juga meningkat.

“Semenjak UMKM Center Launching hingga sekarang luar biasa permintaan masyarakat,” tambahnya.

Alfrita berharap kedepannya UMKM Kota Bontang dapat dikenal di luar wilayah, tidak hanya produk bawisnya tetapi juga produk sandang yang dihasilkan.