BONTANG

Tanam Sorgum, Kelurahan Belimbing Melaju ke Tingkat Provinsi dalam Ajang Lomba Dasawisma

Tanam Sorgum, Kelurahan Belimbing Melaju ke Tingkat Provinsi dalam Ajang Lomba Dasawisma
Sekretaris II TP PKK Provinsi Dian Melati saat memberi penilaian di Kelurahan Belimbing, didampingi Camat Bontang Barat Ida Idris.

BONTANG – Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat menjadi perwakilan Kota Taman mengikuti penilaian dalam ajang lomba DASAWISMA Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Penilaian Dasawisma Mawar RT 07 serta verifikasi lapangan oleh tim juri Provinsi didampingi oleh Camat Bontang Barat, Lurah Belimbing, TP PKK Kecamatan Bontang Barat, TP PKK Kota Bontang, Perwakilan Dinsos, dan Ketua RT 07 Kelurahan Belimbing telah digelar pada Selasa (13/06/2023) lalu.

Sekretaris II TP PKK Provinsi Dian Melati mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi yang dilakukan Dasawisma Mawar ini. Pasalnya, inovasi menjadi salah satu unsur penilaian yang besar pada ajang lomba kali ini.

“Inovasi yang ditampilkan ada tanaman sorgum, yang biasa digunakan sebagai pengganti nasi, dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, dan ini sangat bagus jika terus dikembangkan,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu unsur lainnya dalam penilaian yang dilakukan yakni bagaimana para Dasawisma dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk mengembangkan inovasi yang ada.

Sementara itu, Camat Bontang Barat, Ida Idris menambahkan, bahwa kegiatan dan inovasi yang ada pada Dasa Wisma Mawar harus terus di dukung untuk keberlangsungannya.

“Tanaman sorgum nantinya akan kita gaungkan kembali, artinya kita bisa back to nature, dengan produk yang dapat kita tanam dan panen sendiri,” pungkasnya.

Perlu diketahui, sorgum merupakan tumbuhan berjenis biji-bijian. Sorgum bisa dimasak seperti layaknya beras atau quinoa, maka sangat cocok menjadi pangan utama pengganti nasi, hanya saja di Indonesia sorgum belum banyak dikenal oleh masyarakat, pun dengan petani yang membudiayakan masih sangat minim.

Namun sorgum sendiri memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan nasi, sorgum memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dibanding nasi, yang berguna mencegah kanker, jantung dan pembuluh darah. Sorgum juga sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan diet, karena kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat menjaga kondisi berat badan.

Print Friendly, PDF & Email
Comments

BERITA TERBARU

Memonesia.com adalah media online yang hadir dengan membawa misi positif semangat pembaruan, menjadi media inspiratif dengan menyajikan informasi-informasi layak bagi khalayak luas. Memonesia.com menggunakan beragam bentuk media, mulai dari tulisan, audio visual dan juga grafis untuk menyampaikan pesan dengan lebih optimal dan komprehensif.

To Top
.gallery-caption { display: none !important; } #post-feat-img { line-height: 0; overflow: hidden; width: 100%; max-height: 500px; display: block !important; }