KALTIM

Sudah Diberikan Pembekalan, 423 Siswa SMKN 3 Samarinda Dinyatakan Siap PKL Selama 6 Bulan

Sudah Diberikan Pembekalan, 423 Siswa SMKN 3 Samarinda Dinyatakan Siap PKL Selama 6 Bulan
SMK Negeri 3 Kota Samarinda melepas 423 siswa kelas XI secara serentak pada Senin (19/6/2023).

KALTIM – SMK Negeri 3 Kota Samarinda melepas 423 siswa kelas XI secara serentak pada Senin (19/6/2023). Mereka adalah kelas XII yang sudah diberikan sejumlah pembekalan dan dinyatakan siap melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan. Mulai tanggal 19 Juni – 19 Desember 2023.

Hal tersebut dikatakan Waka Kesiswaan SMK Negeri 3 Kota Samarinda Mariati saat ditemui awak media disela-sela proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 gelombang kedua, Senin (9/6/2023).

“Tadi kita melepas 13 kelas secara serentak, mereka yang mengikuti PKL ini adalah kelas XII di semester 5,” ungkapnya.

Disinggung soal perubahan kebijakan PKL yang saat ini dilakukan pada siswa semester 5, Mariati menerangkan bahwa penerapan PKL di semester 5 ini sudah menginjak tahun ke-II. Sebelumnya, PKL dilakukan pada siswa semester 3 dan 4.

“Anak-anak dianggap mapan itu pada saat di kelas 11. Nah ketika dia naik kelas 12, dia siap untuk PKL. Kalau di kelas 10 ini penyesuaian kurikulum kebanyakan yang diberikan itu materi dasar-dasarnya saja, misalkan kecantikan, dasar-dasar kecantikan,” katanya.

“Jika hanya diberikan materi dasar saja, lalu saat siswa naik ke kelas 11, malah sudah harus PKL. Padahal, di kelas 11 ini siswa dianggap kurang mapan untuk PKL. Maka pelaksanaan PKL sekarang itu dipindah ke semester 5 atau saat mereka kelas 12,” sambungnya.

 

Dengan dilaksanakannya PKL ini, ia berharap agar siswa-siswi bisa menyerap ilmu yang telah diberikan di tempat PKL. Selain itu, mereka juga bisa disiplin. Sehingga, mereka bisa berubah menjadi lebih baik lagi selepas pelaksanaan PKL berakhir.

“Di industri, mereka harus digenjot supaya soft skillnya lebih mantap lagi. Semoga pola pikir mereka berubah jadi lebih dewasa. Harapan saya seperti itu, kalau ilmu kan bisa dipelajari ya. Soft skillnya yang saya perlu banget dari anak-anak ini. Semoga lewat PKL ini mereka bisa menunjukkan keahliannya yang sudah kita berikan selama ini,” paparnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Provinsi Kaltim melalui Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Samarinda Sri Hartono berharap agar anak-anak yang mengikuti PKL ini bisa mengaplikasikan dan menerapkan ilmu-ilmunya.

“Saya harap ilmu yang sudah dipelajari di sekolah bisa digunakan sesuai dengan dunia usaha atau dunia industri, dimana mereka melaksanakan PKL tersebut,” harapnya. (adv/disdikbudkaltim/li)

Print Friendly, PDF & Email
Comments

BERITA TERBARU

Memonesia.com adalah media online yang hadir dengan membawa misi positif semangat pembaruan, menjadi media inspiratif dengan menyajikan informasi-informasi layak bagi khalayak luas. Memonesia.com menggunakan beragam bentuk media, mulai dari tulisan, audio visual dan juga grafis untuk menyampaikan pesan dengan lebih optimal dan komprehensif.

To Top
.gallery-caption { display: none !important; } #post-feat-img { line-height: 0; overflow: hidden; width: 100%; max-height: 500px; display: block !important; }