BERITA

Kedai Kopi “Es” Tiqomah Raih Juara 1 Fun Battle Brewing Se-Bontang

Achmad Khadafi (kiri) kala mengikuti Fun Battle Brewing (Dok. Pribadi)

TANGAN Achmad Khadafi saling bergantian memaikan gawai. Sembari duduk di bangku pelanggan, nampak senyum terpancar dari wajahnya. Mengenakan sendal jepit, dipadukan baju kaos putih bercorak hitam dan celana jeans biru.

Gambar demi gambar bermunculan di layar gadget bututnya. Pria kelahiran Bontang 21 Januari 2000 itu melihat kembali foto-foto Fun Battle Brewing se-Bontang. Tak terbayang, ia berhasil membawa kedai Kopi “Es” Tiqomah menyabet juara pertama.

Kelebihan penyeduhan yang kompleks rasa kopi disuguhkannya. Racikan kopi Achmad membuat lidah dewan juri tak berpaling. Ali-alih, ia bahkan menumbangkan 21 kedai kopi lainnya.

“Tantangannya bagaimana cara menyeduh kopi yang lebih dikenal,” ucap pria pemurah senyum itu.

Fun Brewing Battle V60 yakni ajang bertemunya para penyeduh kopi. Baik barista yang setiap hari bekerja di kedai-kedai kopi maupun para home brewing. Achmad tak memandang berapa besar hadiahnya, terpenting pengalaman yang sudah dilalui.

Lomba yang pertama kali di Bontang itu digelar Kopinikus, sebuah lingkaran positif para penikmat, penyeduh serta penggiat kedai kopi Bontang. Kata Achmad, setidaknya enam kali beradu skil dengan lawan hingga dinyatakan juara 18 Oktober lalu.

“Enggak nyangka juga, karena lawannya rata-rata kedai ternama di Bontang,” kata warga Berebas Tengah itu.

Sekilar Berdirinya Kedai Kopi “Es” Tiqomah

Meski baru berjalan awal 2020, pengunjung Kedai Kopi “Es” Tiqomah terus ramai setiap harinya. Disukai berbagai kalangan. Suguhan kopi bir menjadi minuman andalan dan satu-satunya di Bontang.

“Dulu saya pernah minum alkohol dan kopi. Kepikiran agar minuman ini bisa halal. Jadi dikemas pakai soda,” sebut Owner Kedai Kopi “Es” Tiqomah, Heriyanto.

Kenapa soda? Heri memiliki alasan tersendiri. Menurutnya, soda bisa memberikan rasa segar manis dan kopi dalam mulut. Rasa kopi tetap ada ketika ditelan bagi penikmatnya.

Owner Kedai Kopi “Es” Tiqomah, Heriyanto

“Kopi bir yang biasa diminum pengunjung kami itu perpaduan soda dan ekspresso,” tambah pria berdarah Mamuju-Jawa itu.

Kedai Kopi “Es” Tiqomah yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani ini, terus menyuguhkan menu minuman terbaik. Selain kopi bir, juga menyediakan es kopi latte yang tak kalah nikmatnya.

Pria dua anak ini mendukung komunitas kopi di Bontang yang mengadakan event seperti Fun Brewing Battle V60. Agar meningkatkan eksistensi kedai tersebut. Ia pun berharap, pemerintah bisa memberikan wadah bagi pengusaha UMKM, baik pelatihan keuangan maupun keterampilan. (*)

.
Comments

POPULER

To Top