KESEHATAN

Tak Ada Lagi Pasien Positif Corona di Bontang

SEMBUH: Pemkot Bontang akhirnya memulangkan pasien asal Kutim setelah dinyatakan sembuh dari virus corona. (memonesia.com)

BONTANG- Dua pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Taman Husada sudah dinyatakan sembuh. Kini Bontang sudah zero pasien positif. Meski begitu status kejadian luar biasa (KLB) belum dicabut, dan anjuran pemerintah masih berlaku.

Para pasien yang sempat diisolasi di rumah sakit plat merah itu merupakan warga Bontang dan Kutai Timur (Kutim). Keduanya diperbolehkan pulang ke rumah setelah hasil swab dinyatakan negatif oleh laborotorium yang ditunjuk pemerintah.

Riwayat mereka merupakan satu rombongan saat melakukan perjalanan untuk menghadiri pertemuan sidang Sinode di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), 26-29 Februari 2020 lalu.

Bahkan, secara bersamaan keduanya ditetapkan positif terjangkit virus corona 23 Maret 2020. Isolasi dan perawatan yang dijalani kurang lebih tiga pekan membuahkan hasil. Warga asal Bontang lebih dulu dinyatakan sembuh, yakni 4 april 2020.

Berselang tiga hari atau 7 April 2020, giliran warga asal Kutim diumumkan telah sembuh. Pemkot Bontang menekankan agar pasien yang telah pulih jangan dijauhi dan menimbulkan stigma negatif di masyarakat.

“Kota Bontang saat ini tidak ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dan harus kita jaga jangan sampai lagi ada yang tertular,” jelas Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni.

Pasca ditetapkannya kedua perempuan tersebut positif corona, Bontang lantas menyandang status KLB. Pemerintah terus menekankan agar masyarakat melakukan social atau physical distancing.

Langkah Pemkot Bontang Atasi Covid-19

UPAYA demi upaya dilakukan Pemkot Bontang untuk memutus mata rantai Covid-19. Bahkan, anggaran jumbo sebanyak Rp 39 miliar yang diperoleh dari APBD 2020 disiapkan untuk sektor medis hingga dampak ekonomi dan sosial.

Merosotnya perekonomian atas dampak virus corona, pemerintah memberikan dana stimulan Rp 500 ribu per Kepala Keluarga (KK) kurang mampu dan tagihan air PDAM gratis tiga selama bulan.

Ada sekitar 8.510 KK, 4.708 KK di antaranya sudah mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah pusat setiap bulannya. Sisanya, 3.802 KK yang akan disasar April hingga Juni mendatang.

Pun soal penggratisan tagihan PDAM Tirta Taman Bontang. Jika mengulik data PDAM, Neni menyampaikan terdapat 27 ribu pelanggan atau sambungan rumah tangga yang akan menerima penggratisan selama 3 bulan. (*)

.
Comments

POPULER

To Top