BERITA

Persiapan Kelengkapan Pencoblosan 2019 di Bontang Capai 95 Persen

Logo Komisi Pemilihan Umum

BONTANG –Persiapan kelengkapan logistik menjelang pemilu serentak April 2019, sudah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang. Hingga kini mencapai 95 persen.

Ketua KPU Bontang, Suardi mengatakan seluruh keperluan pencoblosan hampir terpenuhi. Seperti bilik, sampul, tinta, segel, alat tulis, dan alat coblos. Namun masih terdapat beberapa keperluar yang belum tersedia

“Yang belum tersedia hanya surat suara dan formulir,” katanya.

Menurut informasi diperoleh KPU Bontang dari KPU RI, surat suara naik cetak tanggal 10 Februari 2018. Pembungkusan tanggal 12,selanjutnya akan didistribusikan pada tanggal 15 Februari mendatang.

Dia pun belum melakukan estimasi pengiriman ke Bontang. Namun pihaknya akan terus melakukan monitoring pemantauan. Total surat suara yang dibutuhkan Bontang sebanyak 616.956 lembar.

Selain itu, memerlukan 2.580 kotak suara. Yang bakal didistribusikan ke 516 Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh Bontang. Tiap TPS membutuhkan 5 kotak suara. Itu meliputi kotak suara untuk DPRD Kota, Provinsi, DPR RI, DPD, dan Presiden.

Dari 2.580 kotak suara kardus yang dibutuhkan Bontang, 889 di antaranya sudah dirakit. Perakitan ini telah dilakukan sejak Jumat (8/2/2019) lalu. Kini tersisa 1.691 yang belum dirakit.

“Paling seminggu kelar sudah untuk kotak suara” sebutnya.

Bila seluruh item untuk pencoblosan telah tiba di Bontang, umumnya pada H-1 baru didistribusikan ke TPS. Namun boleh jadi lebih awal, yakni H-2. Semua akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. (sr/ay)

.
Comments

POPULER

To Top