BERITA

Cuaca Ekstrim, Nelayan Dihimbau Tetap Waspada saat Melaut

Disarankan nelayan menggunakan kapal yang lebih besar. (Fajri/memonesia.com)

BONTANG – Mengawali tahun 2021 cuaca ekstrim terus terjadi di berbagai penjuru Nusantara. Khususnya di Kota Bontang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau para nelayan agar tetap waspada dalam melakukan aktivitas.

Tinggi gelombang di laut Bontang akhir-akhir ini bahkan mencapai 2 meter. “Tetaplah waspada dan siaga. Tak hanya untuk aktivitas laut, namun juga di darat,” kata Kepala BPBD Bontang Ahmad Yani, Senin (25/01).

Yani mengimbau, untuk sementara sebaiknya nelayan tak usah dulu melaut. Kata dia, jika dia terpaksa harus menggunakan kapal lebih besar dan laik pakai.

“Jika pun ke laut maka pastikan disampaikan kekeluarga tentang seputaran lokasi beraktivitas,” ucapnya.

Ia menyampaikan, jika situasi dan kondisi di lokasi beraktivitas timbul gelombang tinggi, angin kencang, maka disarankan segera pulang atau menepi ke area yang lebih aman.

“Jangan sendiri, bahkan lebih bagus kalau kapalnya muat lebih banyak orang,” ujar pria ramah senyum itu.

Tak lupa Yani menyebut, perawatan alat pelengkap diri (APD) seperti life jaket maupun alat komunikasi tetap disediakan kala melaut. “Juga tetap taat protokol kesehatan covid-19,” tambahnya.

Berkaca pada lakalaut beberapa waktu lalu. Salah satu penyebabnya yakni cuaca yang tidak mendukung bagi nelayan. Bahkan, hingga kini satu korban tak kunjung ditemukan. (Redaksi)

.
Comments

POPULER

To Top